ICHSANUDDIN ISMA, SE, MM

VIRA CAKTI YUDHA 85

Kamis, 30 April 2009

Business Level Strategi (BLS)

Business Level Strategi merupakan suatu kegiatan yang terkoordinir dan terintegrasi melalui suatu komitmen dan tindakan penggunaan yang telah dipastikan untuk memperoleh keuntungan dalam suatu kompetitif dengan memanfaatkan kemampuan inti di dalam pasar produk yang spesifik.

Kemampuan inti merupakan sumber daya dan kemampuan yang telah menjadi suatu tujuan untuk menjadikan suatu sumber manfaat dalam kompetisi sesuatu produk/jasa terhadap pesaing, sedangkan strategi merupakan kegiatan yang terkoordinir dan terintegrasi dalam bentuk tindakan yang diambil dalam rangka memberi keuntungan dalam memanfaatkan kemampuan inti dan akan menjadikan suatu bentuk kompetitif.

Jadi Business Level Strategi dapat di artikan sebagai langkah mengambil tindakan untuk menyediakan nilai keuntungan dari pelanggan didalam memperoleh suatu kompetisi dengan pemanfaatan kemampuan inti yang spesifik dalam pasar produk individu.

Ada beberapa hal yang penting untuk dijadikan landasan dalam menjalankan kegiatan Business Level Strategi ini, antara lain :

1. Apa bentuk kegiatan yang terbaik dalam mengadakan barang atau memberi/melayani jasa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

2. Bagaimana caranya membuat atau menciptakan kegiatan yang terbaik dalam penyediaan atau pelayanan.

3. Bagaimana caranya mendistribusikan barang dan melayani jasa didalam pasar.

Peran perusahaan didalam menjalankan atau memilih suatu Business Level Strategi, harus mampu menentukan :

1. Siapa yang akan dilayani.

2. Kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan apakah akan terpenuhi.

3. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan yang dimaksud pelanggan.

Jenis Business Level Strategi yang dapat dilaksanakan, yaitu :

1. Business Level Strategi yang dimaksudkan untuk menciptakan perbedaan antara perusahaan atau bidang usaha sehubungan dengan persaingan antar perusahaan.

2. Untuk memposisikan perusahaan, maka perusahaan harus membuat keputusan apakah melaksanakan aktivitas dengan cara yang berbeda dengan pesaingnya.

Lima strategi umum dalam Business Level Strategi yang berorientasi kepada biaya dan keunikan dalam koridor manfaat kompetisi adalah : Kepemimpinan harga, perbedaan, kepemimpinan harga yang dipusatkan, perbedaan yang dipusatkan dan harga yang kepemimpinan yang terintegrasi atau perubahan didalam suatu target pasar yang luas atau target pasar yang sempit.

Dari salah satu lima strategi umum dalam Business Level Strategi ini ada suatu starategi yang menarik untuk dikaji yaitu strategi hanya mengarah pada suatu kegiatan pengadaan barang atau jasa namun berada dalam segmen target yang sempit, karena memang segmen ini diperuntukkan bagi hal-hal yang tidak lazinnya dalam segmen lebar dengan barang ataupun jasa yng spesifik untuk pasar tertentu, yaitu satrategi perbedaan yang dipusatkan dalam segmen target pasar yang sempit atau Focused Differentiation.

Strategi perberdaan merupakan suatu kegiatan yang terintegrasi dalam suatu tindakan yang dirancang dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu barang ataupun jasa pada suatu biaya yang bisa diterima pelanggan karena merasa sebagai suatu hal yang berbeda dalam cara ataupun produk dimana tindakan perbedaan yang diperlukan oleh strategi ini : mengembangkan sistem baru dan proses, membentuk persepsi melalui promosi, memfokus produk yang berkualitas, adanya kemampuan di dalam penelitian dan pengembangan, memaksimalkan kontribusi sumber daya manusia melalui perputaran yang rendah dan selalu berada dalam motivasi yang tinggi.

Adapun faktor-faktor yang menjadikan perbedaan terhadap startegi dan ruang target adalah sebagai berikut :

1. Kekhususan atau keunikan terhadap produk yang dihasilkan.

2. Pencapaian atau proses produksi yang unik

3. Adanya jasa atau servis yang terkecuali.

4. Menggunakan suatu teknologi yang baru.

5. Mempunyai mutu atau kualitas yang baik.

6. Menggunakan keahlian khusus

7. Menggunakan informasi yang terinci.


Sebagai aplikasi dari strategi hanya mengarah pada suatu kegiatan pengadaan barang atau jasa namun berada dalam segmen target yang sempit yaitu penjualan barang-barang atau perlengkapan TNI/Polri, dimana dalam strategi dan segmen aktivitas penjualan barang-barang atau perlengkapan TNI/Polri ini sudah pasti menggunakan strategi perbedaan yang terarah dalam segmen yang terbatas atau sempit, karena barang-barang atau perlengakapan TNI/Polri tidak akan diperjualbelikan secara bebas seperti pada strategi harga terarah dalam segmen yang luas seperti di Matahari Departement Store atau Ramayana Super Market, hal ini dikarenakan tidak semua orang berhak membeli atau menggunakan perlengakapan TNI/Polri secara umum dikarenakan adanya aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang hanya membolehkan untuk membelanjakan barang-barang atau perlengkapan hanya terbatas pada kalangan TNI/Polri sendiri, kenapa hal ini diberlakukan? Dikarenakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti perusakan citra TNI/Polri dan mengandung keberbahayaan terhadap keselamatan dan keamanan diri maupun orang lain.

Contoh kongkrit dalam hal ini adalah penjualan serangam TNI/Polri maupun sejata tajam/senjata api, barang-barang ini hanya dapat diperoleh pada segmen atau tempat penjualan yang telah memiliki ijin penjualan yang didalam operasionalnya dilindungi oleh Undang-Undang dan diikat dengan ketentuan-ketentuan atau aturan baku yang harus dilaksanakan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pihak-pihak yang mempunyai kewenangan, sehingga barang-barang ini hanya dapat dijumpai dan diperoleh di tempat-tempat yang telah mendapat ijin penjualan seperti di Pasar Senen Jakarta dan masing-masing koperasi disatuan-satuan yang ada.

Barang-barang maupun perlengkapan ini tidak akan pernah dijumpai seperti mall-mall yang biasanya membuka segmen secara luas, ini dikarenakan kekhususan/keunikan dari produk yang dihasilkan dan peruntukan dari barang-barang ini maupun perlengakapan ini juga ditujukan kepada kalangan-kalangan tertentu dalam hal ini hanya lingkungan TNI/Polri.

Demikian sekelumit ulasan dan contoh penerapan salah satu dari lima strategi umum yang berlaku dalam Business Level Strategi guna mencari segmen pasar yang tepat dengan konsumen yang tepat dengan pemasaran produk yang spesifik dengan pendapatan yang maksimal dalam strategi Focused Differentiation.

ICHSANUDDIN ISMA

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Archithings. Powered by Blogger